Wednesday, December 26, 2012

Permainan yang mencerdaskan Anak 0-3 bulan

Perkembangan bayi pada usia 0-3 bulan :

Motorik :

Seluruh gerakan masih gerak refleks.
Mulai bisa menggenggam beberapa saat
Mengangkat kepala beberapa saat waktu tengkurap
Menegakkan kepala bila digendong
Memasukkan barang ke dalam mulut
Ingin meraih benda yg dilihatnya

Kemampuan bermain :

Bayi masih mengepalkan telapak tangan. Rangsang dengan menggosok atau menggelitik telapak tangan dengan mainan berbulu halus.
Dapat menengok mengikuti bunyi
Penglihatan lebih peka pada warna kontras
Berespon terhadap lagu yang dikenalnya.

Penglihatan :

Baru lahir - bisa melihat wajah, senang melihat sesuatu yg bergerak, seperti bibir, jarak pandang 20-25 cm
1-3 bulan - Lebih senang warna kontras terutama hijau/biru dibanding merah, mulai memperhatikan objek dan mengidentifikasinya.

Jenis permainan yang cocok untuk usia 0-3 bulan antara lain :

Menggerakkan kerincingan (rattle) / mainan berwarna terang (soft toys) / kain berwarna terang

Cara :
Angkat rattle di depan wajah bayi, goyangkan. Setelah bayi memperhatikan, gerakkan rattle ke sisi berlawanan beberapa kali hingga mata bayi mengikuti rattle. Lalu jauhkan rattle sehingga bayi berusaha meraihnya.
Manfaat :
Melatih penglihatan, pendengaran, mengasah kemampuan menghubungkan bunyi dengan sumbernya

Bernyanyi

Cara :
Letakkan bayi di pangkuan atau tempat tidur (telentang), dengan wajah Ibu di depan wajah bayi. Pastikan bayi memperhatikan wajah dan nyanyian, sambil sentuh lembut bayi.
Manfaat :
Melatih penglihatan, pendengaran, mengasah kemampuan menghubungkan bunyi dengan sumbernya

Memperdengarkan bunyi berirama

Cara : memutar lagu secara bergantian dan berulang-ulang
Manfaat : mengenalkan aneka jenis musik, melatih bayi mudah terangsang bunyi berirama


Sumber : Ayahbunda

Rental mainan anak untuk usia yang sesuai, kunjungi www.xtoyzland.com

Sunday, December 23, 2012

Download lagu anak-anak

Sebagai seorang ibu, saya berusaha mencari sebanyak mungkin lagu anak yang bisa dinyanyikan atau diperdengarkan pada anak. Kebanyakan lagu yang saya berhasil download secara gratis adalah lagu bahasa Inggris, seperti Ency Weency Spider, Head Shoulder Knees Toes, If You're Happy and You Know It!Journey Home from Granpa's House, dll.

Beberapa lagu bahasa Inggris diantaranya saya dapatkan dari
Dream English Kids Songs, free mp3 song downloads,flashcards and lesson ideas,let's sing! dan www.barefootbooks.com

Lagu-lagu tersebut selain enak didengar, mudah pula diikuti oleh orang dewasa dan anak-anak. Karena menurut pepatah musik itu universal, tak ada salahnya kita perdengarkan lagu anak dalam berbagai bahasa untuk anak. Setidaknya dengan mendengar lagu-lagu bahasa Inggris, anak-anak dapat mempelajari bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan.

Berikut juga beberapa alamat di mana Anda dapat men-download lagu anak Indonesia:

Silakan share link tempat download lagu-lagu Anda di sini.

Monday, December 17, 2012

Lagu dan Pola tidur bayi

Hush little baby Hush, little baby, don't say a word. Papa's gonna buy you a mockingbird And if that mockingbird won't sing, Papa's gonna buy you a diamond ring And if that diamond ring turns brass, Papa's gonna buy you a looking glass And if that looking glass gets broke, Papa's gonna buy you a billy goat And if that billy goat won't pull, Papa's gonna buy you a cart and bull And if that cart and bull fall down, You'll still be the sweetest little baby in town Itu adalah lirik dari salah satu lagu ninabobo dalam bahasa Inggris. Lagu Hush, Little Baby merupakan salah satu favorit saya untuk dinyanyikan pada anak kami Christopher. Untuk saya Christopher memang my sweetest little baby in town. Christopher (saat blog ini ditulis berumur 9 bulan) tidur dengan cukup mudah pada saat masih baru lahir. Sepertinya memang semua bayi seperti itu... Namun karena pada saat berumur 2 bulan kami sudah membawa Christopher pulang pergi kantor - apartemen, suatu hari daya tahannya turun dan Christopher sempat sakit, sehingga menjadi manja. Sepertinya semenjak itu kebiasaan tidur Christopher tidak teratur, siang tidur, malam terjaga. Pada suatu siang, saya bertemu dengan bibi saya dan bercerita tentang kebiasaan tidur Christopher yang tidak teratur. Ternyata kedua cucunya dari kecil sampai balita sangat suka dengan lagu ninabobo bahkan kadang suka menagih dipasangkan lagu sebelum tidur. Dari sanalah kemudian saya mencari lagu-lagu anak dengan membeli cd dan browsing. Lalu memasang lagu tersebut dengan speaker kecil yang sedang musim pada waktu itu (something with Angel). So there you go... Kami pasang lagunya setiap anak kami mulai cranky atau resah karena ngantuk sehingga bayi kami bisa lebih mudah tidur. Sepertinya memang bayi lebih menyukai kondisi lingkungan berisik dibandingkan yang terlalu hening. Sebelumnya, kondisi apartemen kami boleh dibilang sangat hening, karena hanya ada saya dan seorang baby sitter, sedangkan kami melaksanakan kebijakan : no tv until baby is 2 years old. Seiring dengan waktu, Christopher mulai tidur dengan jam yang lebih teratur, kira-kira jam 8 malam dan bagun di pagi hari sekitar jam 6. Tentunya ada terbangun di antaranya karena lapar. Tapi jauh lebih baik dibanding tanpa lagu. Kadang iri yah kalau mendengar bayi lain bisa tidur dengan pola yang benar tanpa perjuangan apapun (tidur di malam hari, terjaga di siang hari). Tapi Ibu-ibu yang tidak seberuntung itu tak perlu berkecil hati karena masa-masa sulit akan berlalu kalau bayi semakin besar. Yah semoga.